Pages

Monday, October 15, 2018

7 Pekerjaan yang Akan Hilang Termakan Zaman, Digantikan Robot?

Liputan6.com, Jakarta - Pada Januari 2017, sebuah penelitian yang dilakukan oleh McKinsey & Company menemukan bahwa sekitar 30% tugas dari 60% pekerjaan dapat dikomputerisasi.

Sedangkan pada 2016, kepala Bank of England mengatakan bahwa 80 juta pekerjaan di Amerika Serikat dan 15 juta pekerjaan di Inggris dapat diambil alih oleh robot.

Sementara itu, pada 2013, sebuah studi yang dilakukan oleh akademisi di Oxford University berjudul The Future of Employment, meneliti 702 pekerjaan dan menemukan bahwa beberapa di antaranya --seperti telemarketer, penyusun pajak dan wasit olahraga-- memiliki risiko "tersingkir" di masa depan ketimbang pekerjaan lainnya, semisal psikolog, dokter gigi dan dokter umum.

Seperti yang ditulis oleh ilmuwan dari Stanford University, Jerry Kaplan, dalam makalahnya Human Need Not Apply disebutkan bahwa saat ini otomatisasi "buta terhadap warna kerah Anda." Demikian seperti dikutip dari The Guardian, Senin (15/10/2018).

Dengan kata lain, siapa saja bisa tersingkir dari dunia pekerjaan.

Itu artinya, tidak peduli apakah Anda seorang pekerja pabrik, penasihat keuangan atau pemain flute profesional: otomatisasi akan "datang" di kehidupan Anda. Lalu, pekerjaan apa saja yang diprediksi akan hilang seiring perkembangan teknologi?

Berikut 7 contohnya, seperti dilansir dari Wonderlist.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sebuah perusahaan teknologi AS mencoba mengembangkan robot yang bisa membuat kopi setara sajian kedai kopi tradisional ternama.

Let's block ads! (Why?)


October 15, 2018 at 08:10PM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2QRLlpA
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment