Pages

Monday, October 8, 2018

Hari Tanpa Bayangan Tak Sebabkan Siang Jadi Lebih Panas

Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena hari tanpa bayangan sering dijadikan alasan ketika hari menjadi panas. Namun, faktanya fenomena hari tanpa bayangan tidak menyebabkan siang hari menjadi lebih panas dari biasanya.

Peneliti sains antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto mengungkapkan tidak ada yang tiba-tiba memanas.

"Perpindahan arah sinar matahari berkaitan dengan pergantian musim. Empat musim di daerah subtropis atau musim hujan-kemarau di Indonesia berkaitan dengan perpindahan arah sinar matahari ke muka bumi," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (9/10).

Rhorom menambahkan cuaca yang sedang dirasakan di permukaan bumi sudah menjadi output dari sistem dan dinamika kompleks yang terjadi di permukaan bumi.

"Sehingga saya katakan cuaca panas beberapa hari terakhir bukan dampak langsung dari arah sinar matahari yang kebetulan lewat di atas Jakarta," paparnya.

Fenomena siang hari tanpa bayangan akan terjadi di Jakarta dan Serang pada Selasa (9/10). Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mencatat fenomena yang terjadi setidaknya dua kali dalam setahun di Indonesia yakni di bulan Maret-April dan September-Oktober.

Sejumlah wilayah di Indonesia akan merasakan fenomena hari tanpa bayangan dua kali dalam setahun. Serang dan Jakarta akan dilintasi fenomena hari tanpa bayangan pada hari ini (9/10).

Tepat siang nanti, Rhorom menjelaskan posisi matahari akan berada tepat di atas kepala. Puncak hari tanpa bayangan di Jakarta dan Serang diperkirakan akan terjadi pada pukul 11.40 WIB.

Menurut Rhorom, fenomena ini akan terjadi dalam waktu singkat dan berakhir tepat saat waktu dzuhur.

"Hari tanpa bayangan hanya berlangsung sekitar 10 menit, lebih dari rentang waktu itu bayangan akan semakin kentara. Saat puncak hari tanpa bayagan akan terdengan azan karena selalu bertepatan dengan waktu dzuhur," tambahnya. (age)

Let's block ads! (Why?)


October 09, 2018 at 03:36PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2QAZsiQ
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment