Pages

Monday, October 8, 2018

Jadwal Hari Tanpa Bayangan di Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena siang hari tanpa bayangan akan terjadi di Jakarta dan Serang hari ini, Selasa (9/10). Fenomena alam yang terjadi setahun dua kali ini akan mengitari Indonesia pada bulan Maret-April dan September-Oktober.

Besok dan hari selanjutnya, fenomena ini akan bergeser ke kota lain seperti Cirebon, Semarang hingga Kupang. Pada September, fenomena ini pertama kali menyambangi Banda Aceh pada 10 September.

Lokasi ini terus bergesar Medan, Tanjung Pinang, Padang, Jambi dan seterusnya. Terakhir, fenomena ini akan terjadi di Kupang pada 20 Oktober.

Lokasi Hari Tanpa Bayangan di IndonesiaFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Peneliti sains antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto mengatakan selain Jakarta dan Serang, daerah lain yang berada di -6 derajat Lintang Selatan juga bisa merasakan fenomena serupa.

Tepat siang nanti, Rhorom menjelaskan posisi matahari akan berada tepat di atas kepala. Puncak hari tanpa bayangan di Jakarta dan Serang diperkirakan akan terjadi pada pukul 11.40 WIB.

Menurut Rhorom, fenomena ini akan terjadi dalam waktu singkat dan berakhir tepat saat waktu dzuhur. (age)

Let's block ads! (Why?)


October 09, 2018 at 02:18PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2C4PL8j
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment