Pages

Thursday, October 11, 2018

Peneliti Ungkap Cara Mudah Tentukan Tanah Rawan Likuifaksi

Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena tanah bergerak atau likuifaksi menjadi momok baru yang ditakuti pascagempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah. Peneliti Geografi dan Tata Ruang Badan Informasi Geospasial (BIG)  Yosef Prihanto mengungkapkan cara sederhana untuk menentukan ciri-ciri tanah rawan likuifaksi.

Yosef menerangkan saah satu ciri utama bisa dilihat dari material dasar penyebab likuifaksi yakni tanah pasir.

"Coba ambil tanah dan air di daerah rumah anda, coba rasakan apakah pasirnya banyak. Coba raba dengan tangan saja," tutur Yosef di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis, (11/10).

Langkah selanjutnya dnegan mengamati rumput sekitar yang tumbuh di daerah rumah. Apabila tumbuh rumput jarum, dapat dipasatikan materi dasar tanah sekitarnya adalah pasir.

"Kemudian  lihat di lingkungan sekitar kalau ada tumbuhan yang bentuknya seperti rumput jarum yang bintang, itu adalah salah satu ciri material dasar di tempat Anda pasti pasir," kata Yosef.

Likuifaksi terjadi karena tanah kehilangan kekuatan karena tegangan atau getaran yang biasanya terjadi saat gempa bumi. Tanah pun berubah menjadi lumpur seperti cairan dan kehilangan kekuatannya.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan saat ini diperkirakan masih ada sekitar 5.000 korban hilang akibat gempa Palu, Sulawesi Tengah. Jumlah ini berasal dari dua wilayah yakni Kelurahan Balaroa dan Petobo.

Sutopo menyatakan, Kelurahan Balaroa yang terdampak gempa Palu, Sulawesi Tengah, tak akan lagi menjadi tempat tinggal. (jnp/evn)

Let's block ads! (Why?)


October 12, 2018 at 02:26AM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2C9UsxF
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment