Pages

Wednesday, October 10, 2018

Putin Sempat Anggap Tersangka Peracunan Skripal Pahlawan

Jakarta, CNN Indonesia -- Satu dari dua tersangka yang meracuni mantan agen mata-mata Rusia, Sergei Skripal di Inggris adalah seorang agen intelijen yang disebut pahlawan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin setelah melakukan operasi rahasia di Ukraina.

Pria itu dipanggil dengan sebutan "Alexander Petrov". Sementara nama aslinya adalah Alexander Mishkin, seorang dokter militer yang dipekerjakan oleh Dinas Intelijen Militer (GRU) Rusia.

Nama dan karya Mishkin secara independen dikonfirmasi oleh Conflict Intelligence Team, sebuah situs investigasi bahasa Rusia yang memiliki reputasi.

Pendiri Bellingcat, Eliot Higgins dan seorang peneliti, Christo Grozev mengatakan kepada wartawan bahwa mereka mengetahui kalau Mishkin sempat mengambil bagian dalam operasi rahasia di Ukraina dan Republik Transnistria.

Higgins dan Grozev mengatakan bahwa Mishkin dijadikan pahlawan federasi Rusia yang merupakan gelar kehormatan tertinggi di negara itu oleh Putin pada 2014 lalu.

Kelompok investigasi sebelumnya telah mengidentifikasi Anatoly Chepiga sebagai tersangka dibalik kasus ini. Dirinya juga menerima penghargaan tertinggi Rusia dalam upacara rahasia di Kremlin pada 2014.

Percobaan pembunuhan

Putin Sempat Anggap Tersangka Peracunan Skripal PahlawanPolisi berjaga didepan rumah Sergei Skripal, mantan mata-mata Rusia yang diduga dibunuh dengan racun (Reuters/Toby Melville)
Otoritas inggris menuduh kedua pria itu mencoba membunuh Skripal dan putrinya, Yulia dengan zat saraf buatan Novichok di Salisbury. Sementara Skripal selamat dari serangan itu, seorang wanita tewas setelah pasangannya mengambil botol parfum yang berisi zat saraf yang diduga untuk menyelundupkan Novichok pada 30 Juni lalu.

"Temuan dari penyelidikan ini oleh Bellingcat menambahkan adanya kemungkinan konteks material ke misi kedua petugas GRU ke Salisbury," tulis laporan itu.

"Masuknya seorang dokter militer yang terlatih di tim menyiratkan bahwa tujuan misi ini berbeda dari pengumpulan informasi atau kegiatan spionase rutin lainnya," tulisnya menambahkan.

Mishkin lahir di desa terpencil, Loyga di Rusia Utara pada 1979. Dirinya lulus pada 2003 dari akademi medis militer Rusia di St Petersburg, dirinya merupakan spesialis fisiologi "deep underwater".

Para peneliti mengatakan bahwa dirinya direkrut oleh GRU pada 2003 dan pindah ke Moskow pada 2009 dimana dirinya menggunakan identitas Alexander Petrov.

Konfirmasi Bellingcat

Putin Sempat Anggap Tersangka Peracunan Skripal PahlawanSergei dan putrinya Yulia Skripal dibunuh di rumahnya sendiri di Inggris (Yulia Skripal/Facebook via REUTERS)
Bellingcat mengatakan bahwa mereka sudah menjangkau ratusan orang dari lulusan akademi yang sama, tetapi seluruh kelas tidak ada yang ingin berbicara tentang Mishkin.

Bellingat mengatakan bahwa pihaknya memperoleh catatan perlintasan perbatasan tidak lengkap yang menunjukkan Mishkin bepergian dan menyamar jadi Petrov selama beberapa kali ke Ukraina antara 2010 dan 2013.

Dirinya juga diketahui sering menyebrang dengan mobil dari Transnistria dan tinggal dalam waktu singkat.

Bellingcat mengatakan bahwa mitra Investigasi Rusia, The Insider mengirim seorang reporter ke desa Loyga, dimana setidaknya ada tujuh penduduk yang mengakui foto-foto Petrov sebagai Mishkin.

"Sumber itu mengatakan bahwa nenek itu menyimpan foto ini dan menunjukkan kepada semua orang dan tidak pernah membiarkan orang lain memegangnya," tulis laporan itu.

Bellingcat menambahkan bahwa wartawan itu tidak dapat berbicara langsung dengan nenek dan melihat foto itu.

Pada bulan lalu, Putin bersikeras bahwa dua orang yang diidentifikasi oleh polisi Inggris berada dibalik kasus racun Skripal bukan anggota dari GRU.

"Mereka adalah warga sipil biasa, tentu saja," kata dia. (cin/eks)

Let's block ads! (Why?)


October 11, 2018 at 01:19AM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2OlEpnF
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment