Pages

Wednesday, October 10, 2018

Mendagri Tak Persoalkan Kampanye di Pesantren

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tidak mempersoalkan kegiatan kampanye yang dilakukan pasangan calon presiden dan wakil presiden maupun pendukungnya di sekolah dan pondok pesantren untuk Pemilu 2019.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini beralasan pondok pesantren dan sekolah memiliki hak pilih.

"Enggak ada masalah kan sekolah-sekolah, pondok pesantren punya hak pilih, SMA punya hak pilih. Saya kira sosialisasi pemilu, kampanye pemilu semua lini masyarakat kita harus didatangi," kata Tjahjo di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (10/10).

Pernyataan Tjahjo yang tidak mempersoalkan kampanye dilakukan di pondok pesantren dan sekolah bertentangan dengan larangan yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU sebelumnya telah menyatakan pesantren termasuk lembaga pendidikan yang tidak diperbolehkan menjadi tempat kampanye. Kampus menjadi tempat pendidikan lain yang tak boleh digunakan berkampanye.

Hal ini diatur dalam Pasal 280 ayat (1) huruf h Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Menanggapi itu, Tjahjo menilai kegiatan kampanye tersebut dapat dikoordinasikan dengan KPUD maupun KPU. Sebab, menurutnya pemerintah tidak dapat mengintervensi dan menyerahkan seluruh aturan pemilu kepada KPU.

Namun, Tjahjo juga menekankan agar para calon, termasuk kepala daerah tidak mengajak aparatur sipil negara (ASN) ketika berkampanye di lembaga pendidikan.

"Kalau kepala daerah deklarasi boleh-boleh saja, tapi jangan mengajak ASN-nya. Jangan menggunakan anggaran aset daerah, itu saja saya kira," ujarnya.

Dua pasang capres-cawapres kerap mengunjungi pesantren untuk memperoleh dukungan. Namun, mereka berdalih kedatangannya ke pesantren sekadar silaturahmi.

Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, beberapa waktu lalu, mengunjungi sejumlah pesantren seperti Al-Anwar Sarang, Rembang yang dipimpin KH Maimoen Zubair, dan Pondok Pesantren Al-Qodiri, Jember.

Selain itu, Sandi juga mengunjungi Pesantren Raudlatul Ulum Desa Sumberwringin, Kecamatan Sumowono, Jember.

Cawapres lainnya, Ma'ruf Amin juga kerap mengunjungi pesantren. Awal Oktober, Ma'ruf mengunjungi Pondok Pesantren Al Muhajirin, Sukatani, Purwakarta.

(ugo)

Let's block ads! (Why?)


October 10, 2018 at 11:04PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2OkbBvI
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment