Pages

Monday, October 15, 2018

Pendaftaran CPNS Segera Tutup, 1 Juta Pendaftar Terancam Gagal

Penutupan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah tinggal beberapa hari lagi. Setelahnya, peserta yang lolos persyaratan administrasi akan menghadapi seleksi lewat bantuan komputer (Computer Assisted Test/CAT).

Di internet pun mulai beredar kisi-kisi dan contoh soal CPNS. Dokumen-dokumen tersebut dapat diakses lewat Google Drive dan membahas bermacam topik.

Menghadapi itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menanggapi dengan tenang. Pasalnya, puluhan ribu soal sudah dipersiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Malahan, soal-soalnya pun adalah yang paling mutakhir.

"Biarin saja (beredar kisi-kisi). Nanti soal baru, dari Kemendikbud sudah ada beberapa puluh ribu soal, kemudian diacak menjadi 100 soal (untuk dikerjakan peserta)," ucap Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, Kamis, 11 Oktober 2018kepada Liputan6.com.

Puluhan ribu soal yang disediakan tersebut mengarah pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Keduanya memiliki persediaan puluhan ribu soal.

Para peserta pun dipastikan tidak dapat menyontek. Sebab, orang yang duduk di sebelah peserta ketika seleksi akan mengerjakan soal berbeda dari puluhan ribu pertanyaan yang dipersiapkan.

Pihak kepolisian juga dilibatkan untuk menjaga proses seleksi CPNS 2018 dari para calo, serta melindungi sistem dari serangan hacker jahat. Sampai saat ini, sudah lebih dari 4 juta orang yang mendaftar CPNS 2018.

Let's block ads! (Why?)


October 15, 2018 at 06:51PM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2OWqSCE
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment