Pages

Friday, October 19, 2018

Pertama Kali, CAT BKN Fasilitasi Seleksi Penerima Beasiswa LPDP

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) BKN Heri Susilowati menyampaikan bahwa tahun 2018 ini, merupakan kali pertama metode seleksi Computer Assissted Test (CAT BKN) digunakan dalam seleksi untuk menjaring calon penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Heri Susilowati menerangkan bahwa sebelumnya CAT BKN digunakan sejumlah instansi untuk seleksi calon mahasiswa pendidikan ikatan dinas dan seleksi pengembangan karier.

"Tahun 2018 ini merupakan tahun pertama LPDP menggunakan CAT BKN dalam seleksi penerima beasiswa untuk pendidikan di dalam maupun luar negeri," ujarnya, seperti dikutip dari laman BKN.

Dengan kenyataan itu, Heri meyakini metode rekrutmen/seleksi menggunakan CAT BKN semakin dipercaya masyarakat. Pada kesempatan itu, Heri juga menyampaikan bahwa soal ujian dalam seleksi kali ini merupakan kombinasi soal yang dikelola oleh Tim LPDP dan dari bank soal CAT BKN.

Pada kesempatan terpisah, salah seorang Tim LPDP, Adam, menyampaikan bahwa dipilihnya CAT BKN untuk memfasilitasi seleksi penerima beasiswa LPDP telah melalui pertimbangan yang matang.

Pertimbangan tersebut di antaranya CAT BKN dikelola oleh SDM berintegritas tinggi dan dinaungi oleh infrastruktur memadai yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.

"Sebenarnya prosesnya dipilih berdasarkan berbagai pertimbangan. Kami memantau metode CAT BKN yang dipercaya dari beberapa kalangan mulai dalam proses rekruitment CPNS dan lain-lain. Kami melihat CAT BKN sudah sistematis dan fasilitasnya ready di berbagai daerah. Selain itu kami jarang sekali menemukan komplain-komplain terkait CAT. Proses pelaksanaan di lapangan juga sangat transparan, hasilnya bisa dilihat langsung secara live dan real time," tegas Adam.

Perihal transparansi CAT BKN juga diakui salah satu peserta ujian seleksi beasiswa LPDP luar Negeri, Ayu. Menurutnya aplikasi dari CAT sangat bagus dan transparan.

"CAT BKN sangat user friendly. Aplikasinya cukup membantu dan mudah dimengerti. Saya sendiri bukan tipe orang yang mengerti teknologi, tapi dengan menggunakan aplikasi itu (CAT BKN-red), tes tadi mudah dilaksanakan," ujar Ayu yang berencana mengambil beasiswa pendidikan di London.

Let's block ads! (Why?)


October 19, 2018 at 03:31PM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2CRVO1f
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment