Pages

Sunday, October 14, 2018

Sikap Golkar Soal Anggaran Bencana Dinilai Perlu Dicontoh Parpol Lain

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, butuh biaya yang tidak sedikit untuk merekonstruksi Palu dan wilayah Sulawesi Tengah lainnya.

Menurut Airlangga, pemerintah pusat harus memiliki perhatian khusus dengan mengalokasikan anggaran besar untuk kepentingan rehabilitasi.

"Melalui Fraksi Golkar di DPR RI, kami instruksikan agar dana optimalisasi dipergunakan sebagai cadangan dan dapat dipergunakan sepenuhnya untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di daerah pascabencana di Palu, Donggala, Sigi, dan daerah lainnya di Sulawesi Tengah serta NTB," ujar Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/10/2018).

Menurut Airlangga, pemerintah pusat harus memberi perhatian khusus dengan mengalokasikan anggaran besar untuk kepentingan rehabilitasi dan rekonstruksi tersebut.

"Dengan melihat kerusakan akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah untuk rehabilitasi dan rekonstruksinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anggaran yang diperlukan pasti cukup besar," kata dia. 

Terkait keputusan itu, Pengamat politik dan peneliti dari Perkumpulan Katalis Anis Kurniawan menuturkan, langkah yang diambil partai pimpinan Airlangga Hartarto ini sudah tepat. Menurut alumni FISIP Universitas Hasanuddin ini, ikhtiar parpol adalah mendorong kebijakan dan alokasi anggaran melalui parlemen. 

Menurut Anis, langkah Partai Golkar dapat dicontoh dan didukung oleh partai-partai lain dalam konteks membantu penanganan dan pemulihan daerah yang terkena dampak bencana alam, khususnya melalui advokasi APBN atau APBD didasari pada tingkatan kebijakan, di legislatif.

"Dibutuhkan percepatan respon bantuan tingkatan negara sehingga perbaikannya dapat terlihat dan dirasakan signifikan", tutur Anis.

Anis juga menjelaskan, peran partai dan legislatif untuk optimalisasi penanganan dan pemulihan bencana sangat penting.

"Pemerintah atau eksekutif harus dipastikan dapat merespon secara cepat dan tepat terkait penanganan dan pemulihan daerah terdampak bencana. Di sinilah peran partai politik dan legislatif menjadi sangat penting sebagai suara rakyat", tutur Anis.

 

Let's block ads! (Why?)


October 14, 2018 at 11:03PM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2Ce6C8M
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment