Pages

Monday, October 15, 2018

Trump Utus Menlu Temui Raja Saudi untuk Usut Kasus Khashoggi

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Donald Trump mengutus Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, menemui Raja Salman untuk mengusut kasus jurnalis Washington Post asal Arab Saudi yang hilang di Turki, Jamal Khashoggi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Heather Nauert, mengatakan kepada Reuters bahwa Trump meminta Pompeo menemui pejabat tinggi Saudi dalam sebuah rapat pada Senin (15/10).

Menurut Nauert, Trump kemungkinan akan meminta Pompeo langsung terbang ke Turki setelah itu untuk berkoordinasi dengan aparat setempat.

Kasus ini langsung menjadi perhatian setelah Khashoggi dikabarkan menghilang usai memasuki gedung konsulat Saudi di Istanbul untuk mengurus keperluan dokumen pernikahan.

Trump mengambil keputusan ini setelah beredar kabar dari dua pejabat yang mengatakan kepada CNN bahwa jurnalis pengkritik Saudi itu tewas saat diinterogasi secara ilegal di dalam gedung konsulat.

Kedua sumber tersebut membeberkan bahwa simpulan ini dapat ditarik setelah sejumlah anggota kepolisian dan ahli forensik Turki diizinkan masuk gerbang gedung konsulat.

Mereka dikabarkan menggeledah bangunan itu serta hunian khusus diplomat Saudi di dekatnya, guna mencari tahu yang sebenarnya terjadi dengan Khashoggi.

Menurut sumber itu, kepolisian Turki sudah mengantongi bukti berupa rekaman suara dan video yang membuktikan Khashoggi diduga meninggal ketika diinterogasi secara ilegal dan tertutup.

Sumber lainnya mengatakan pemerintah Saudi saat ini tengah mempersiapkan pernyataan resmi mengenai yang sebenarnya terjadi. Aparat Turki pun sudah siap menangkap sejumlah orang yang diduga terlibat.

[Gambas:Video CNN]

Aparat keamanan Turki mencurigai 15 warga Saudi yang tiba bertepatan pada hari Khashoggi menghilang. Diduga kuat Khashoggi sebenarnya bakal diculik dan dibawa pulang ke Saudi setelah diinterogasi.

Ketika ditanya mengenai laporan ini, Trump hanya berkata, "Saya sudah dengar laporan itu, tapi tak ada yang tahu kebenaran laporan tersebut."

Kasus ini membuat hubungan Saudi dan AS tegang, terutama setelah Trump mengancam akan menjatuhkan "serangkaian hukuman" pihak yang bertanggung jawab.

Saudi kemudian mengancam akan membalas dendam jika ada sanksi yang dijatuhkan terkait kasus Khashoggi. (has)

Let's block ads! (Why?)


October 16, 2018 at 01:22PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2PAe6a1
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment