Pages

Monday, October 8, 2018

Wanita Lebih Berisiko Terkena Demensia dan Stroke

Jakarta, CNN Indonesia -- Hampir setengah dari wanita dan sepertiga pria di atas usia 45 tahun mengembangkan gejala-gejala parkinson, demensia, dan stroke selama masa hidupnya. Tiga kondisi itu menjadi penyebab kematian terbesar pada lansia.

Kesimpulan itu didapat dari sebuah penelitian anyar yang dipublikasikan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry.

Penelitian yang dilakukan oleh University Medical Center Rotterdam, Belanda ini awalnya bertujuan untuk menemukan risiko-risiko penyakit yang menyerang lansia.


Penelitian ini dilakukan selama rentang waktu 26 tahun, sejak 1990 hingga 2016. Selama periode itu, mereka getol mengecek kondisi kesehatan 12 ribu peserta penelitian.

Hasilnya, sebanyak 1.489 di antaranya didiagnosis demensia, 263 menderita parkinson, dan 1.285 terserang stroke. Sedangkan sisanya mengalami gangguan-gangguan kesehatan lainnya.

Dari total 1.489 orang dengan demensia, sebanyak 48 persen di antaranya terjadi pada wanita dan 36 persen pada pria.


Direktur Penelitian Alzheimer's Research Inggris, dr Carol Routledge mengatakan bahwa penelitian tersebut menggambarkan dengan jelas penyakit-penyakit yang timbul akibat gangguan neurologi pada masyarakat. "Wanita paling rentan, terutama pada demensia," ujar Routledge, mengutip Reuters.

Wanita berusia 45 tahun ke atas berisiko 31,4 persen terkena demensia. Angka itu lebih tinggi daripada pria yang hanya berisiko 18,6 persen. (asr/chs)

Let's block ads! (Why?)


October 04, 2018 at 10:21PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2zZEIMp
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment