Pages

Thursday, October 11, 2018

Begini Cara Penuhi Kebutuhan Gizi jika Harga BBM Naik

Ganti dengan sumber pangan lainnya

Pemahaman masyarakat akan pemenuhan gizi juga bisa dibangun dengan mengetahui variasi sumber pangan lain. Misalnya, jika kita biasa makan ikan, kemudian pada suatu waktu ketersediaan ikan di pasaran sulit sehingga harganya naik, maka kita perlu beralih ke sumber protein hewani lain.

"Jika terjadi demikian, kita bisa mengganti sumber protein hewani dari ikan dengan makan telur. Cara berpikirnya begitu. Artinya, kebutuhan gizi kita tetap terpenuhi," jelas Doddy.

Strategi penanggulangan gizi

Doddy menambahkan ia terus mencoba merumuskan strategi penanggulangan gizi. Pertama, melalui diversifikasi pangan, tidak berfokus pada satu pangan saja.

Kedua, lewat suplementasi. Kekurangan zat gizi mikro seperti kurang vitamin A diatasi dengan kapsul vitamin A atau tablet penambah darah.

Ketiga, dengan fortifikasi atau penambahan mikronutrien. Ini dilakukan karena zat gizi mikro paling kurang. Jadi, ada penambahan vitamin dan unsur lain ke pangan. Misal, penambahan vitamin A ke margarin.

Keempat, melalui pendidikan gizi. Sosialisasi gizi dan pengelolaan makanan yang baik terus dilakukan agar masyarakat bisa mengonsumsi makanan dengan aman.

Let's block ads! (Why?)


October 11, 2018 at 05:00PM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2CDLb20
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment