Pages

Thursday, October 11, 2018

BNPB: Gempa Situbondo Tak Ada Kaitan dengan Palu-Donggala

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa bermagnitudo 6 di Situbondo, Jawa Timur tak ada kaitannya dengan gempa yang terjadi di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa yang tak menyebabkan tsunami ini terjadi Kamis pagi sekitar pukul 01.44 WIB.

"Gempa di Situbondo tidak ada kaitan dengan gempa di Palu. Beda sumbernya," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Kamis (11/10/2018).

Atas peristiwa ini, sedikitnya tiga orang meninggal dunia, yakni Nuril Kamiliya (7), Nadhar (55) dan Buhama (65). Ketiga orang tersebut meninggal akibat tertimpa reruntuhan tembok rumah sekitar pukul 07.07 WIB.

"Ini kan terjadinya malam. Kebanyakan sedang tertidur," ujar Sutopo.

Selain itu, sebanyak delapan orang mengalami luka akibat tertimpa atau terkena rentuhan bahan bangunan.

"Untuk korban luka ada delapan orang. Sudik (65), Ny. Rinami (70), H. Samsu (60), Su'aida (55), B. Muhawiya, Aswiya, Nasiya (60) dan Sarwini (50). Mereka terluka juga karena tertimpa tembok rumah," jelas dia.

Sebelumnya, Sutopo mengatakan ada 22 daerah yang merasakan gempa yang mengguncang Situbondo tersebut.

"Ada 22 daerah yang merasakan gempa," kata Sutopo.

Beberapa kabupaten dan kota tersebut yakni Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kuatnya gencangan gempa Situbondo membuat semua pasien sebuah rumah sakit swasta di Surabaya diungsikan keluar rumah sakit.

Let's block ads! (Why?)


October 11, 2018 at 06:14PM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2NAKTK1
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment