Pages

Sunday, October 14, 2018

BPBD: Kebakaran Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan

Jakarta, CNN Indonesia -- Kebakaran kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang telah berlangsung dua pekan sudah bisa dipadamkan.

Demikian keterangan dari Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Agus Mauludin.

"Kebakaran sudah padam, sekarang kita sedang melakukan pembasahan dengan helikopter 'water bombing' (pengembom air)," katanya di Kuningan, Minggu (14/10) seperti dikutip dari Antara.


Ia mengatakan kebakaran berhasil dipadamkan pada Sabtu (13/10) petang, sedangkan saat ini tim pemadaman tengah berupaya untuk memastikan tak ada lagi api.

Dia menjelaskan dari pantauan memang masih terdapat kepulan asap, namun itu dipastikan merupakan sisa dari kebakaran dan api sudah tidak terdeteksi lagi.

Meskipun sudah berhasil dipadamkan, pihaknya masih menerjunkan dua tim yang beranggota 27 personel untuk pembersihan jalur.

Agus menjelaskan tim pertama berjumlah 11 orang melakukan pembukaan dan pembersihan jalur Bintangot Batu Arca sampai ujung lahan yang terbakar.

Tim kedua berjumlah 16 orang melakukan pemadaman dan penyisiran kepulan asap yang masih tersisa di daerah Blok Batu Arca, Sigedong dan Cicangkrung.

"Pantauan visual dari pos taktis Bintangot terlihat kepulan asap tipis masih terpantau timbul tenggelam tersapu angin dan itu merupakan asap sisa bakaran," katanya.


1.310 Hektare Lahan Hutan Hangus

Kebakaran selama 14 hari itu setidaknya telah menghanguskan areal seluas 1.310 hektare di kawasan hutan TNGC.

Dalam kurun waktu 14 hari, kata Agus, tim gabungan terus berupaya memadamkan api yang meluas menggunakan alat seadanya dan dengan cara, antara lain 'gopyok' serta pembuatan sekat bakar.

Pada Sabtu (13/10), BNPB menerjunkan helikopter pengebom air untuk membantu tim gabungan dalam memadamkan api. Saat ini masih dilakukan pembasahan areal yang terbakar untuk memastikan tidak ada kepulan asap.

"Besok Senin (15/10) pembasahan areal kebakaran menggunakan 'water bombing' dilanjutkan dan juga penyisiran areal kebakaran oleh personel TNGC untuk memastikan tidak ada lagi kepulan asap," kata Agus. 

Kebakaran di kawasan TNGC sendiri mulai terdeteksi pada 30 September lalu. Selanjutnya, BPBD Kuningan dibantu personel gabungan baik dari TNI, Polri, TNGC, dan relawan ergerak ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

(kid)

Let's block ads! (Why?)


October 15, 2018 at 06:43AM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2QNeKRy
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment