Pages

Sunday, October 14, 2018

Kisah Maling Sakti di Kediri, Kepala dan Jasad Dimakamkan Terpisah

Makam Mbah Boncolo masuk dalam kategori situs cagar budaya. Makamnya yang berada di kawasan lokasi wisata Selomangkleng, hanya bisa dijangkau dengan jalan kaki menuju ke atas, hingga beberapa kilometer.

Tempat pemakamanya dinamakan Astana Boncolono. Di Astana Boncolono ada tiga makam yang disemayamkan di sana selain Mbah Boncolo. Dua di antaranya adalah jasad Tumenggung Mojoroto dan Poncolono. "Mereka ini bertiga saudara seperguruan," kata Nur Muhyar.

Nur Muhyar menambahkan, jika keturunan dari Mbah Boncolono sampai sekarang masih ada dan tinggal menetap di Jakarta. "Keturunanya masih ada, namanya Japto S Soerjosoemarno SH tinggal di Jakarta," ucapnya.

Pada tangal 10 September 2004 pihak keluarga besar Boncolo dan seluruh keturunannya telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Kediri, merenovasi Astana Boncolono dan Tumenggung Mojoroto dikawasan wisata Selomangkleng Kota Kediri.

Pihak keluarga besar Boncolono menyerahkan seluruh bangunan dan fasilitas pendukungnya untuk diresmikan dan dikelola Pemerintah Kota Kediri dalam rangka melestarikan budaya nasional dan menambah aset pariwisata Kediri.

Untuk dapat memudahkan pengunjung yang ziarah ke Astana Boncolono, jalan yang dilalui dibuat seperti layaknya tangga berundak. Jika dihitung jalan tangga berundak tersebut berjumlah kurang lebih 473 tangga.

"Banyak yang datang ke sini terutama pada hari Kamis malam Jumat, baik laki - laki maupun perempuan. Ya sekedar untuk berdoa di sana, kadang sore maupun malam hari," ujar Mbah Darno (56), salah satu pemilik warung kopi yang lokasinya berada tepat di bawah Astana Boncolono di kawasan Wisata Selomangkleng.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Julukan Jerusalem Van Java muncul dari masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus atau Sayyid Ja'far Shadiq Azmat Khan.

Let's block ads! (Why?)


October 15, 2018 at 03:06AM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2pSixSd
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment