Pages

Sunday, October 14, 2018

Raja Arab Telepon Erdogan Bicarakan Nasib Khashoggi

Jakarta, CNN Indonesia -- Arab Saudi memperingatkan akan membalas sanksi yang dikenakan terhadap kerajaan tersebut atas hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi.

Di satu sisi, Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, kemarin telah menelepon Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dalam telepon tersebut, Salman dan Erdogan membicarakan perihal lenyapnya Khashoggi. Sebelum lenyap, Khashoggi yang kerap mengkritik keluarga kerajaan itu mendatangi konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Dalam perbincangan di telepon tersebut, seperti dikutip dari AFP, pihak Erdogan dan Salman bermaksud membangun tim gabungan untuk mencari dan menginvestigasi nasib Khashoggi.

Sementara itu, dari pihak Kementerian Luar Negeri arab menyatakan hubungan negaranya dengan Turki.


Pendapat Internasional

Sementara itu. situasi yang dialami Khashoggi itu mengundang perhatian negara-negara mitra Arab Saudi.

Presiden AS Donald Trump m engancam bersama sekutunya akan menjatuhkan sanksi terhadap Arab andai Khashoggi merupakan korban penghilangan paksa akibat kritik sang jurnalis pada putra kerajaan, Pangeran Muhammad bin Salman.

Seiring sikap AS tersebut, muncul pula permintaan kejelasan nasib Khashoggi dari Inggis, Prancis, dan Jerman.

"Perlu ada sebuah investigasi yang kredibel untuk membuka kebenaran atas apa yang terjadi, dan-jika relevan-mengidentifikasi pelaku yang bertanggung jawab atas hilangnya Jamal Khashoggi," demikian pernyataan bersama Inggris, Prancis, dan Jerman yang juga langsung dikirimkan ke pemerintahanan Arab.

Khashoggi, yang merupakan kontribuor Washington Post, itu diketahui memasuki gedung konsulat Arab yang berada di kota Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu.

Arab menyatakan Khashoggi telah meninggalkan gedung konsulat tanpa kekuarangan apapun kala itu, namun belum jua disertakan foto atau bukti autentik perihal tersebut.

(kid)

Let's block ads! (Why?)


October 15, 2018 at 01:05PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2ElsjGG
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment