Pages

Wednesday, October 10, 2018

Rupiah Kembali Melemah ke 15.267 per Dolar AS

Liputan6.com, Jakarta - Sempat menguat sehari, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada perdagangan Kamis ini. Dolar AS sebenarnya melemah terhadap beberapa mata uang di dunia. 

Mengutip Bloomberg, Kamis (11/10/2018), rupiah dibuka di angka 15.223 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.200 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah semakin tertekan ke 15.266 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.223 per dolar AS hingga 15.267 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 12,62 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.253 per dolar AS. Patokan pada hari ini melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 15.215 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan, dolar AS sebenarnya cenderung bergerak melemah terhadap sejumlah mata uang dunia didorong data ekonomi Amerika Serikat yang menurun.

"Data indeks harga jual di level produsen atau Produce Price Index (PPI) di AS pada September sebesar 2,6 persen (yoy) dari sebelumnya 2,8 persen," paparnya dikutip dari Antara.

Ia menambahkan turunnya data PPI itu mendorong penurunan imbal hasil obligasi tenor 10 tahun sebesar tujuh basis poin (bps) ke level 3,16 persen.

"Penurunan imbal hasil obligasi AS itu dapat mendorong arus masuk ke pasar obligasi Indonesia dan mendorong penguatan rupiah setelah dalam beberapa hari terakhir mengalami tekanan," katanya.

Kepala riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, stabilitas ekonomi Indonesia cukup terjaga seharusnya bisa mendorong penguatan rupiah.

Selain itu, pernyataan dari Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde yang menilai kondisi ekonomi indonesia dalam keadaan baik seharusnya bisa mendorong penguatan rupiah.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Let's block ads! (Why?)


October 11, 2018 at 12:18PM
via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2QHgrA4
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment