Pages

Friday, October 19, 2018

Pekan Depan, Kementerian ESDM Kembali Buka Lelang Blok Migas

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mengumumkan lelang wilayah kerja (WK) minyak dan gas (migas) tahap III 2018 pada pekan depan.

"Minggu depan, kami akan buka lelang baru," ujar Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di kantornya, Jumat (19/10).


Secara terpisah, Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Djoko Siswanto mengungkapkan lelang akan dilakukan dengan mekanisme penawaran langsung (direct offer) berdasarkan hasil studi bersama (joint study).

Menurut Djoko, lelang hasil joint study lebih disukai investor karena dinilai memberikan kepastian data cadangan. Dalam joint study, investor dengan izin pemerintah, lebih dulu melakukan studi sebelum lelang. Hal ini berbeda dengan lelang reguler di mana data disiapkan oleh pemerintah.


Kelebihan lain, investor juga dapat melakukan perhitungan teknik atau teknologi yang sesuai serta perhitungan besaran biayanya.

Kementerian akan melelang sekitar delapan sampai 10 blok migas yang telah dianggap siap dan memenuhi persyaratan untuk dilelangkan.

"Saya sudah menandatangani Surat Keputusannya," ujar Djoko seperti dikutip dari keterangan resmi.


Berdasarkan data historis, lelang langsung lebih banyak diminati investor dibandingkan lelang reguler. Dalam lelang WK migas tahap I tahun 2018 misalnya, empar dari lima WK yang ditawarkan melalui penawaran langsung sudah disepakati. Keempat kontrak kerja sama tersebut antara lain, Citarum, East Ganal, East Seram, dan Southeast Jambi.

Di sisi lain, blok migas yang ditawarkan melalui lelang reguler tidak ada pemenangnya. (sfr/lav)

Let's block ads! (Why?)


October 20, 2018 at 12:46AM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2Ez93FI
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment