Pages

Friday, October 19, 2018

Pembangunan Bandara Kediri Molor dari Rencana

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Bandara Kediri yang rencananya akan dilakukan tahun ini molor. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kemungkinan paling cepat groundbreaking proyek tersebut baru bisa dilaksanakan April 2019 mendatang.

Pasalnya, saat ini, persiapan konstruksi Bandara Kediri baru capai 85 persen. Saat ini proyek juga masih memerlukan pembebasan lahan dan pengurusan izin terkait.

"Jadi paling cepat enam bulan ke depan karena untuk pembebasan lahan tentu butuh waktu," ujarnya usai menghadiri rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jumat (19/10).

Budi mengungkapkan, saat ini, lahan yang sudah dibebaskan baru 70 persen dari total kebutuhan lahan yang berkisar 500 hektare (ha). Sementara, 30 persen sisanya masih belum bisa dibebaskan.

Pembebasan lahan sisa tersebut sampai saat ini masih terkendala oleh masalah harga. Selain masalah pembebasan lahan, pembangunan bandara juga masih menunggu seluruh izin terkait dipenuhi.

Izin tersebut berkaitan dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Setelah izin terpenuhi, pemerintah baru bisa menetapkan izin pemrakarsa dan penetapan lokasi untuk Proyek Strategis Nasional ini.

"Untuk izin kami targetkan selesai dalam dua minggu hingga satu bulan ke depan," ujar Budi.

Sebagai informasi, proyek Bandara Kediri akan dibangun oleh PT Gudang Garam Tbk. Pembangunan diperkirakan memakan waktu satu hingga dua tahun. Bandara ini nantinya akan berkelas internasional sehingga bisa menampung maskapai penerbangan asing.

(sfr/agt)

Let's block ads! (Why?)


October 19, 2018 at 09:41PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2NQsQQb
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment